Selasa, 12 November 2013

KIAT-KIAT MENGHADAPI SIDANG SKRIPSI




Sidang skripsi merupakan satu satu hal paling penting dalam perkuliahan S1 dan salah satu syarat kelulusan. Menjelang sidang skripsi terkadang membuat kita resah, gelisah, cemas, dag-dig-dug, bahkan parahnya sampai depresi. Selain itu, bisa saja Anda mendapatkan info-info yang kurang bagus dari teman sehingga membuat Anda tambah galau.
          Walaupun Anda biasa presentasi di kelas ataupun berbicara di depan banyak orang, tetap saja gugup jika ingin siding skripsi. Rasa gugup itu biasanya terjadi akibat pikiran buruk kita, misalnya saja Anda terbayang-bayang dikasih puluhan pertanyaan oleh dosen penguji dan bayang-bayang akan gagal siding karena kurang baik menjawab pertanyaan yang diajukan.
          Setiap orang pasti tidak ingin mengalami hal buruk tersebut saat siding, nah disini saya ingin memberikan beberapa tips agar tidak gugup menghadapi siding skripsi ataupun siding lainnya, semoga bermanfaat J
1.    Berdoa
Hal yang paling utama dilakukan adalah berdoa, karena dengan berdoa akan melancarkan segalanya. Selain itu dengan berdoa, hati kita akan jauh lebih tentram dan nyaman. Percayalah Tuhan itu tidak pernah tidur, dan akan mendengar doa setiap hamba-Nya.
2.    Meminta Restu Orang Tua
Orang tua adalah orang pertama yang harus Anda minta restunya. Tidak dipungkiri bahwa restu orang tua terutama ibu merupakan restu Tuhan. Selain orang tua, Anda juga perlu meminta restu dan doa kepada sanak saudara serta teman-teman agar dimudahkan urusannya.
3.    Kuasai Materi
Hal yang paling penting selanjutnya ialah materi skripsi. Anda harus mengusai sepenuhnya materi yang dibuat. Ketidakpahaman akan materi akan menjadi senjata makan tuan. Kuasai dan pahami materimu dengan sebaik-baiknya maka kamu akan tenang menjawab pertanyaan.
4.    Buang Rasa Malas
Rasa malas pasti ada di setiap orang, perbedaannya hanya bagaimana cara seseorang mengontrol rasa malasnya. Nah, semasa menghadapi detik-detik sidang sebaiknya buang jauh-jauh rasa malas, karena malas tidak akan memperbaik keadaan. Malas akan membuat Anda semakin panik. Banyak cara untuk membuang rasa malas, misalnya cari kesibukan lain yang bermantaat, membaca buku-buku yang mencangkup materi skripsi kalian, dll.
5.    Mencari Informasi
Hal terakhir yaitu mencari informasi dari kakak kelas, bagaimana suasana sidang skripsi. Informasi tersebut akan menambah wawasan Anda saat berada di ruang skripsi. Selain itu Anda dapat menanyakan siapa saja dosen killer jurusanmu yang menguji, pertanyaan apa saja yang biasanya diajukan. Sehingga Anda bisa mempersiapkannya dengan matang dan menjadi lebih tenang menghadapi sidang.

Sekian tips dari saya semoga berguna dan semoga sukses !!!! J

0 komentar:

Posting Komentar