Sabtu, 04 Januari 2014

KIAT-KIAT MENGHADAPI INTERVIEW KERJA

Well dress
Mengenai pakaian yang harus dikenakan, baik pria maupun wanita harus mengenakan pakaian yang rapi dan sesuai dengan citra perusahaan tersebut. Sekali pun perusahaan itu bergerak di dunia komunikasi. Pakai riasan jangan berlebihan dan hindari memakai flat shoe. Pakailah high heel dengan hak yang tidak terlalu tinggi.

Pilih kelebihan yang ingin ditampilkan 
Kesan pertama adalah segalanya, jadi pikirkan segala kelebihan Anda. Tentukan terlebih dahulu sebelum Anda berangkat. Misalnya Anda berniat untuk datang wawancara sebagai orang yang percaya diri, dapat diandalkan dan dinamis. Setelah itu, latih cara Anda menyampaikan kualitas yang Anda ingin tonjolkan pada pewawancara. 

Membangun percakapan santai 
Semakin Anda dapat membuat wawancara pertukaran dua arah, semakin besar kemungkinan Anda untuk bersantai. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengumpulkan informasi, mengenal budaya perusahaan dan cara-cara mereka melakukan pekerjaan. Datanglah ke tempat wawancara dengan beberapa pertanyaan yang disiapkan. Baca situs perusahaan dan penelitian kinerja mereka.  

Ketahui kekuatan Anda
Pertimbangankan dengan serius. Pikirkan tentang kombinasi kekuatan Anda sendiri yang unik. Misalnya, kreatif, proaktif dan dapat diandalkan. Sebelum Anda pergi ke wawancara, coba tulis kalimat ini, "Aku seseorang yang ...” Pikirkan tentang pujian dari teman, keluarga dan orang lain yang mampu menegaskan pilihan Anda. 

Bersiaplah untuk berbicara tentang kelemahan Anda 
Ini adalah topik sensitif yang memerlukan respon hati. Jangan mengatakan Anda seorang perfeksionis jika Anda tidak. Bersikaplah jujur! Jika perhatian terhadap detail bukanlah kelebihanmu, katakan demikian dan kemudian menunjukkan cara Anda berencana untuk mengatasi hal ini.

Percaya diri

Saat sesi tanya jawab atau interview, rasa percaya diri alias pede memang harus dimiliki oleh para pelamar. Jangan merasa terlalu pede atau over pede. Atau justru merasa tidak pede. Khusus untuk profesi PR pede adalah karakter yang wajib dimiliki. Sharing pengalaman dengan pewawancara boleh tapi tidak perlu terlalu berlebihan.

0 komentar:

Posting Komentar