Selasa, 14 Desember 2010

MAKALAH HUBUNGAN SOSIAL MASYARAKAT DALAM ILMU IT

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb.
Segala puji bagi Allah SWT. yang telah menolong hamba-Nya dalam menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan-Nya, mungkin makalah ini tidak dapat teerselesaikan dengan baik.
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah ISD tentang Hubungan Sosial Masyarakat dalam Ilmu TI. Makalah ini memuat tentang “Hubungan Sosial Masyarakat dalam Ilmu TI” dan sengaja dipilih karena sesuai dengan tema yang di ambil untuk menyelesaikan tugas mata kuliah ISD.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki banyak kekurangan dan kelebihan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya agar makalah ini menjadi lebih baik. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Depok, Desember 2010
Penulis



Winona Maulida Utami



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG MASALAH
1.2. PEMBATASAN MASALAH
1.3. PERUMUSAN MASALAH
1.4. TUJUAN PENULISAN

BAB II PEMBAHASAN
2.1. PENGERTIAN TEKNIK INFORMATIKA
2.2. DAMPAK NEGATIF DARI TEKNOLOGI INFORMASI
2.3. PERKEMBANGAN TI DI INDONESIA

BAB III PENUTUP
3.1. KESIMPULAN
3.2. SARAN

DAFTAR PUSTAKA


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG
Dalam bahasa Indonesia, istilah Informatika diturunkan dari bahasa Perancis yaitu informatique, yang dalam bahasa Jerman disebut informatik. Sebenarnya, kata ini identik dengan istilah computer science di Amerika Serikat dan computing science di Inggris. Namun, istilah informatics dalam bahasa Inggris memiliki makna yang sedikit berbeda, yaitu lebih menekankan pada aspek pengolahan informasi secara sistematis dan rasional.

1.2. PEMBATASAN MASALAH
Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah yang dibahas dibatasi pada masalah :
a. Pengertian Teknik Informatika
b. Dampak Negatif dari Teknologi Informasi
c. Perkembangan TI di Indonesia

1.3. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat di rumuskan sebagai berikut:
a. Bagaimana hubungan social masyakat!
b. Bagaimana perkembangan TI di Indonesia!

1.4. TUJUAN PENULISAN
Tujuan utama dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
a. Untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen pengajar.
b. Agar dapat memahami hubungan social masyarakat dalam ilmu TI.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1. PENGERTIAN TEKNIK INFORMATIKA
Informatika adalah ilmu yang mempelajari tentang perangkat (bisa sistem atau alat) yang dapat menghasilkan dan mendistribusikan “informasi”. Jadi kata kunci pertama pada definisi ini adalah kata : informasi, sehingga itulah makanya bidang ini disebut sebagai : informatika. Sedangkan kata kunci kedua adalah pada kata “menghasilkan” dan “mendistribusikan”.
Teknologi Informasi merupakan teknologi yang dibangun dengan basis utama teknologi komputer. Perkembangan teknologi komputer yang terus berlanjut membawa implikasi utama teknologi ini pada proses pengolahan data yang berujung pada informasi. Hasil keluaran dari teknologi komputer yang merupakan komponen yang lebih berguna dari sekedar tumpukan data, membuat teknologi komputer dan teknologi pendukung proses operasinya mendapat julukan baru, yaitu teknologi informasi.
Menurut STMIK Mikroskil, teknik informatika adalah:
Teknik informatika merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu computer. Pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi computer. Transformasi itu berupa proses-proses logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah.

2.2. DAMPAK NEGATIF DARI TEKNOLOGI INFORMASI
Seiring perkembangan dunia teknologi, pekerjaan yang kita lakukan akan terasa mudah dengan bantuan teknologi. Dibalik kemudahan itu ada dampak negative yang mungkin sering kita temui dimana-mana. Untuk mengantisipasi dampak negative yang ada, sebaiknya menggunakan fasilitas Cyberlaw. Cyberlaw yaitu hukum yang digunakan untuk dunia cyber (dunia maya) yang umumnya diasosiasikan dengan internet cyberlaw. Hali ini dibutuhkan karena dasar atau pondasi dari hukum dibanyak Negara adalah “Ruang dan Waktu”. Sementara itu, internet dan jaringan computer telah mendobrak batas ruang dan waktu.
Selain itu ada ancaman terhadap system informasi, yaitu:
1. Ancaman Pasif, misalnya:
a. Bencana alam & politik
b. Kesalahan manusia
c. Kegagalan system
2. Ancaman Aktif, misalnya:
Kecurangan & kejahatan computer atau penyelewengan aktifitas program yang jahat atau usil.
Metode penetrasi terhadap system berbasis computer, yaitu:
a. Pemanipulasian masukan
b. Penggantian program
c. Pengubahan berkas secara langsung
d. Pencurian data
e. Sabotase
f. Penyalahgunaan & pencurian sumber daya komputasi
g. Trapdoor

2.4. PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI
Kemajuan teknologi saat ini sangat berkembang pesat dan membantu manusia untuk berinteraksi satu sama lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Kemudahan yang diberikan oleh teknologi tersebut mencakup banyak hal serta merambah berbagai aspek kehidupan, mulai dari bisnis hingga pendidikan. Pada prinsipnya teknologi ini berkembang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia agar dalam kehidupannya dapat lebih mudah berkomunikasi ataupun melakukan sesuatu. Namun dari segala efek positif yang diterima oleh manusia terdapat pula berbagai efek negatif, baik secara fisik dan mental.
Handphone merupakan salah satu dari perkembangan tekonogi. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, fungsi handphone tidak hanya sebagai alat komunikasi biasa, tetapi manusia juga dapat mengakses internet, SMS, berfoto dan juga saling mengirim data. Dampak yang ditimbulkan dari handpone mungkin tidak kita sadari sama sekali. Selain memudahkan dalam berkomunikasi sebagai dampak positif yang manusia dapatkan, terdapat pula dampak negatif yang manusia dapatkan sebagai akibat menggunakan handphone atau telepon genggam ini.



BAB III
PENUTUP

3.1. KESIMPULAN
Dalam penulisan makalah ini, penulis menyimpulkan bahwa Teknologi Informasi merupakan teknologi yang dibangun dengan basis utama teknologi komputer. Perkembangan teknologi komputer yang terus berlanjut membawa implikasi utama teknologi ini pada proses pengolahan data yang berujung pada informasi. Hasil keluaran dari teknologi komputer yang merupakan komponen yang lebih berguna dari sekedar tumpukan data, membuat teknologi komputer dan teknologi pendukung proses operasinya mendapat julukan baru, yaitu teknologi informasi.

3.4. SARAN
Dalam perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, pembaca harus mewaspadai tindakan kejahatan yang ada didunia teknologi informasi serta bertindaklah sesuai dengan kode etik yang ada. Hati-hati untuk memasukan informasi penting didunia maya dan bagi orangtua yang mempunyai anak dibawah umur dimohon untuk mengawasi segala tingkah laku anaknya agar tidak terjebak kedalam dampak negative.



DAFTAR PUSTAKA
http://vanma-qu.blogspot.com/2008/04/apakah-teknik-informatika-itu.html
http://www.scribd.com/doc/3190372/Materi-3-Perkembangan-Teknologi-Informasi-di-Indonesia
http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_komputer
http://pertekkom.blogdetik.com/

0 komentar:

Poskan Komentar